Minggu, 01 Desember 2013

Belajar Itu Menyenangkan

Belajar yaitu memperhatikan suatu hal, agar kita mengetahui lebih banyak lagi.

Ada banyak cara untuk belajar
Orang belajar agar mereka mengetahui bagiamana cara mengerjakan suatu kegiatan. Bagi seseorang yang ingin belajar, harus ada suatu hal tertentu yang bisa dia pelajari. Untuk mempelajari sesuatu, engkau harus tahu, ada sesuatu tentang yang kau pelajari yang tidak kau ketahui. Sebelum kalian mempelajari sesuatu carilah hal-hal tertentu yang dapat engkau pelajari.

Bagaimana cara belajar
1. Carilah Informasi
2. Perhatikanlah bagaimana engkau dapat menggunakan informasi tersebut.
3. Gunakanlah.

Belajar itu menyenangkan
Ketika kalian belajar maka engkau memperoleh banyak kemajuan, serta lebih mampu untuk berbuat banyak. Namun demikian kadang-kadang kalian menghadapi rintangan-rintangan terhadap belajar. Rintangan itu ibarat dinding. Rintangan menghalangimu untuk bergerak. Bila engkau "terantuk" pada salah satu rintangan, engkau akan merasa susah, engkau enggan untuk terus belajar. Tetapi kalian dapat menembus rintangan -rintangan terhadap belajar.

3 Macam rintangan terhadap belajar
Dan ada cara khusus untuk menembus setiap rintangan ini.

a. Kata Yang Tidak Dimengerti
Misalkan kalian punya suatu gagasan dan engkau bertemu dengan seseorang yang bisa menerima gagasan tersebut, lalu engkau menyampaikan gagasantadi kepadanya.
Bagaimanakah cara engkau menyampaikannya ?
Tentunya, dengan menggunakan kata-kata ! Tapi, apa yang terjadi bila engkau menyampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti? Tak seorang pun diantara kalian yang melakukan kegiatan tersebut.
Demikian juga halnya kegiatan belajar. Selama engkau mengerti semua kata, engkau bisa belajar dan merasa senang. Engkau dapat memanfaatkan apa yang sedang engkau pelajari. Tetapi, kalau engkau tidka mengerti semua kata, maka engkau menghadapi kesulitan. Engkau pun tidak dapat memanfaatkan apa yang telah kaupelajari.

Hal yang sama terjadi, jika engkau memberi arti yang slaah bagi kata yang engkau baca, mungkin engkau memperoleh gagasan-gagasan yang ganjil...
Dan engkau taka akan bisa memanfaatkan apa yang telah engkau pelajari.
" Satu kata yang engkau dengar atau baca, dan tidak engkau ketahui maknanya, atau engkau slah mengartikannnya, dinamakan  kata yang tidak dimengerti "

Ada berbagai cara, suatu kata dapat diartikan salah
Engkau mungkin mendapatkan arti suatu kata yang sama sekali salah. Mungkin saja engkau mengarang arti yang keliru, atau seseorang memberikan hasil rekaan dia sendiri. Engkau dapat memperoleh arti yang tidak benar, tetapi sedikit mirip dengan arti sebenarnya. Mungkin engkau tidk cukup mengerti arti suatu kata. Jika engkua tahu bahwa burung hantu itu adalah sejenis burung, tapi engkau tak punya gambaran lain tentang burung hantu itu, maka ini tidaklah memadai. Engkau memperoleh arti yang tidak tepat dari pemakaian suatu kata dalam kalimat.
Engkau memberikan arti pada suatu kata, padahal bukan itu yang dimaksutkan karena adanya kata yang bunyinya sama. Engkau dapat menggunakan suatu kata untuk mengganti kata tertentu. Ini pun dapat menyebabkan salah mengerti, sebab kedua kata tersebut tidak bisa diartikan sama. Engkau tidak mengetahui arti lain dari sebuah kata. Mungkin engkau sama sekali tidak mengetahui arti suatu kata. Engkau tidak ingin mengetahui arti suatu kata.

Kata yang tidak dimengerti
Simbol adalah suatu tanda yang mempunyai arti tertentu
Simbol-simbol dapat juga salah dimengerti, seperti halnya dalam kata-kata
Bila engkau menemukan kata atau simbol yang tidak dimengerti, mungkin engkau merasa kosong, tidak punya gambaran sama sekali atau mungkin bengong atau menguap
Engkua merasa tidak bisa mengikuti pelajaran ...dan gugup serta kecewa.
Jika terlalu banyak hal yang tidak kau pahamai mungkin engkau mulai membenci apa yang sedang kau pelajari.
Engkau mungkin mulai mengeluh dan menyalahkan orang lain.
Engkau mungkin angkat kaki dan tak ingin mempelajarinya
Atau, jika engkau harus tetap belajar, maka engkau hanya bisa mengingatingat keterangan tanpa memahami sesuatu pun. Bisa saja engkau memperoleh nilai yang baik dalam ujian...
Tapi tidak dapat memanfaatkan apa yang telah kau pelajari.
Cara khusus untuk menembus rintangan kata yang tidak dimengerti ini adalah cari dan temukanlah arti kata tersebut !
Engkau mulai merasa susah setelah menemukan KTM. KTM ada pada bagian akhir dimana engkau tidak mendapat kesulitan. Lalu lihatlah pada bagian mana engkau mulai menghadapi kesulitan. Carilah KTM tepat di bagian akhir sebelum engkau mengalami kesulitan.
“ Bila engkua merasakan atau melakukan hal-hal yang terjadi ketika engkau menemukan KTM, kembalilah ke bagian dimana engkau tidak mengalami kesulitan, dan temukanlah kata atau simbol yang tidak kau mengerti’

Kata-kata sederhana
Engkau mungkin berpendapat hanya kata-kata yang panjang saja yangsering tidak dimengerti.
Ini tidak benar, kata-kata yang pendek atau sederhana pun sering menimbulkan salah pengertian. Misalnya “suatu”, “ atau”, dan “tapi”. Bila engkau mencari sutu kata yang tidak dimengerti, janganlah hanya mencari kata-kata yang panjang saja. Carilah kata-kata sederhana.
“perhatikanlah tepat sebelum engkau mulai mengalami kesulitan. Carilah juga kata-kata yang sederhana.

Mencari kata-kata
Mempelajari arti suatu kata sama saja dengan mempelajari hal-hal lain. Engkau mempelajarinya agar engkau bisa menggunakannya. Cara untuk mempelajari suatu kata adalah temukanlah kata tersebut dalam kamus, bacalah arti kata tersebut dan gunakanlah kata tersebut !
Cara untuk menggunakan dan benar-benar mengerti suatu kata adalah dengan menggunakan kalimat-kalimat yang menggunakan kata tersebut. Gunakanlah kata itu dalam kalimat sampai engkau benar-benar memahaminya, dan dapat menggunakannya. Beberapa kata memiliki lebih dari satu arti. Bila engkau mencaro arti suatu kata, engkau harus mempelajari semua arti kata tersebut. Dengan cara ini engkau dapat emmahami arti yang dimaksut bila kata tersebut dipakai dalam kalimat lain.
Untuk mencari kata yang mempunyai beberapa arti, pertama temukan dan pelajari arti yang cocok dengan apa yang sedang engkau pelajari. Bila arti yang dibutuhkan itu tidak kautemui dalam kamusmu, carilah dalam kamus yang legkap. Kemudianlah pelajarilah arti-arti lainnya. Untuk setiap arti kata, buatlah sejumlah kalimat hingga engkau benar-benar mengertinya.
Suatu kata mungkin memiliki beberapa arti khusus  yang tidak digunakan setiap hari atau mungkin pula ada arti kuno yang sudah tak digunakan. Kamus akan memberikan keterangan itu bagimu.
Engkau tidak perlu mempelajari arti khusus  atau kuno, kecuali bila hal itu cocok dengan apa yang sedang engkau pelajari. Kamus mungkin mengatakan juga, dari mana asal suatu kata. Mempelajari asal kata, akan membantumu lebih memahami kata tersebut.
Adakalanya kamus memperlihatkan sekumpulan kata-kata, dimana suatu kata tertentu digunakan. Kelompok kata-kata itu mempunyai arti yang berbeda dengna masing-masing  kata yang digunakan. Pelajarilah hal itu, seperti halnya engkau mempelajari arti-arti yang lain dari kata tersebut. Kamus akan menyajikan hal-hal tertentu, misalkan bagaimana mengabungkan suatu kata dengan yang lainnya. Kamus pun mungkin akan mnyajikan kata-kata yang mempunyai arti yang sama atau hampir sama. Pelajari pula hal-hal lain yang diuraikan kamus mengenai kata tersebut. Tetapi bagaimana bila terdapat kata atau simbol yang tidak dimengerti ketika engkau membaca kamus? Apakah yang harus engkau lakukan?cari juga dalam kamus! Pelajarilah sebagaimana engkau mempelajari setiap kata. Lalu kembalilah pada kata yang mula-mula engkau cari. Setelah engkau mengetahui arti kata tersebut, engkau dapat melanjutkan belajar kembali.
Mulailah dari bagian dimana mendapat KTM, dengan cara ini engkau dapat pasti menemukan apa yang sedang engkau pelajari.

Tidak mempunyai massa
Bila engkau mempelajari sesuatu, akan tetapi engkau tidak punya massa terhadap apa yang dibicarakan maka engkau akan mulai merasa susah.
Contohnya jika seseorang berbicara kepadamu tentang kucing, tapi engkau tidak mempunyai massa ihwal kucing, engkau mungkin merasaterpojok, atau bingung, dunia rasanya kiamat atau anda merasa muak. Tapi juika engkau mempunyai massa seekor kucing atau sesuatu yang engkau gambarkan sebagai kucing, engkua akna merasa senang dan suka sekali belajar tentang kucing. Bila engkau tidak punya massa terhadap apa yang sedang engkau pelajari, engkau mungkin merasa seolah-olah tertumbuk pada sesuatu. Tetapi engkau tak dapat menembusnya. Engkau akan merasa begini.
Bahkan mungkin engkau sakit kepala, atau perut mual, atau pusing, atau mungkin matamu terasa pedih. Hal ini bener-bener tidak menyenangkan.

Tidak mempunyai massa terhadap apa yang sedang engkau pelajari adalah rintangan terhadap belajar. Ada 4 cara khusus untuk melewati rintangan ini yaitu :
  1. Lihatlah benda yang sedang engkau pelajari. Inilah cara terbaik.
  2. Buatlah demo tanah liat. Cara membuat demo tanah liat adalah dengan mengambil segumpal besar tanah liat, lalu membentuknya untuk memperlihatkan apa yang sedang engkau pelajari. Bila engkau membuat demo atau model tanah liat ini, buatlah tanda atau nama, untuk setiap benda atau bagian yang engkua bentuk dari tanah liat itu. Setelah selesai, buatlah nama untuk keseluruhan benda tadi. Demo tanah liat ini harus mempertunjukkan sesuatu yang ingin engkua demonstrasikan. Orang lian harus dapat melihat atau memperoleh gambaran dan menceritakan pikiran anda, tanpa engkau memberitahunya. Demonstrasi tanpa engkau memberitanunya.
  3. Ambilah seperangkat benda-benda dan gunakan lah benda-benda tersebut untuk mempertunjukkan apa yang sedang engkau pelajari. Cara ini disebut demonstrasi sedangkan barang-barang ang digunakan untuk demo disebut alat demo.
  4. Buatlah atau cari gambar dari apa yang sedang engkau pelajari.
“ setiap kali engkau mendemonstrasikan, perhatikanlah dengan benar  benda tersebut. Dengan cara ini engkau memperoleh massa. Jika engkau selalu berusaha mendapatkan massa terhadap apa yang engkau pelajari, maka engkau tak akan pernah menghadapi rintangan jenis ini. Bukankah hal ini menyenangkan.


Tingkat yang terlampaui
apa yang terjadi ketika engkau masih kecil, baru saja pandai bersepeda roda tiga, seseorang memberikan kunci mobil kepadamu, lau dia menyuruhmu mengendarai mobil tersebut ke toko? Meskipun engkau dapat masuk ke dalam mobil lalau menghidupkannya, tetapi tetap engkua akan bingung. Mencoba mengendarai mobil, padahal engkau baru belajar naik sepeda roda tiga adalah ibarat mencoba mencapai puncak tebing yang amat tinggi. Suatu cara untuk mendaki tebing adalah dengan jalan membangun tangga menuju ke ataas dan kemudian..
Sesuatu yang menuju ke atas secara bertahap disebut bertingkat-tingkat cara mempelajari sesuatu adalah dengan belajar bertahap, setingkat demi setingkat. Dengan cara demikian engkau akan mencapai puncak. Bila engkau mempelajari sesuatu secara setingkat demi setingkat, setiap tingkat adalah lebih maju dari tingkat sebelumnya. Setiap kali engkau menyelesaikan satu tingkat, engkua dapat berbuat lebih banyak. Bagaimanakah ketika engkau menaiki tangga menuju puncak tebing, seolah-olah engkau tidak dapat naik ke tingkat berikutnya?
Pasti engkau telah melampau satu tingkat. Lihatlah kebelakang, temukanlah tingkat yang telah kau lampau lalu naikilah tingkat tersebut. Lalu naikilah anak atngga tersebut. Sehingga tingkat berikutnya lebih mudah. Ketika engkau sedang belajar, bila engkau meampaui salah satu tingkat atau tidak mempelajari sepenuhnya salah satu tingkat, artinya engkau telah melampaui satu tingkat. Kemudian engkau merasa bingung/ pusing. Biasanya tingkat-tingkat dapat terlampaui, bila engkau belajar mengerjakan sesuatu.

Tingkat yang terlampaui merupakan rintangan terhadap belajar.  Ingatlah bahwa penyebab kebingungan pada tingkat yang sedang engkau hadapi adalah karena tidak memahami tingkat sebelumnya, dan bukan karena tingkat yang sedang dihadapi itu sukar.
Cara khusus untuk melewati rintangan ini adalah kembali ke tingkat sebelumnya, sebelum engkau bingung, lalu mempelajarinya sehingga engkau benar-benar memahaminya.

Kadang-kadang rintangan terhadap  belajar menjadikan kegiatan belajar sama sekali tidak menyenangkan.

Tapi kini engkau mengetahui bagaimana cara belajar. Carilah kata-kata yang tidak dimengerti. Lihatlah atau demonstrasikanlah apa yang sedang engkau pelajari. Majulah setingkat demi setingkat.
Engkau mengertahui macam-macam rintangan terhadap belajar dan mengetahui cara-cara khusus menanggulangi rintangan-rintangan. Tak ada gambarang kosong, atau mengantuk, atau seolah-olah engkau tidak ingin belajar lafi, merasa malas atau tak bisa memusatkan perhatian, merasa gugo dan bingung, apakah engkau membenci apa yang engkau pelajari, apakah engkau mengeluh dan menyalahkan pihak lain, apakah engkau tidak dapat memanfaatkan apa yang telah engkau pelajari. Carilah kata yang engkau tidak mengerti dan temukanlah artinya setepat mungkin. Perhatikan dan demonstrasikan benda yang sedang engkau pelajari. Merasa bingung, kembalilah ke tempat sebelumnya, ketika engkau berhasil baik, dan pahamilah tingkat itu, sehingga engkau benar-benar memahaminya. Dan bersenanduglah dalam mempelajari banyak hal-hal baru.

oleh : L Ron Hubbard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar