Sabtu, 04 Agustus 2012

Pengertian Seni dan Seni Rupa

Pengertian Seni  

Pengertian Seni menurut beberapa ahli :  
  1. Ki. Hadjar Dewantara : Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dan bersifat indah, menyenangkan dan dapat menggerakan jiwa manusia, 
  2. Herbert Read : Aktivitas menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan, 
  3. Ahdiat Karta Miharja : Kegiatan rohani yang merefleksi pada jasmani, dan mempunyai daya yang bisa membangkitkan perasaan/jiwa orang lain. 
  4. Ensiklopedia Indonesia : Seni merupakan segala sesuatu yang berwujud ataupun tidak berwujud , yang mampu memunculkan sebuah keindahan sehingga semua orang yang menyaksikan atau emdengarkan akan merasa senang 

Dari pengertian tersebut atau dari pendapat para ahli dapat disimpulkan bahwa:
- seni merupakan kegiatan ekspresi rohani/jiwa/gagasan perasaan manusia.
- seni merupakan penciptaan yang menghasilkan karya.
- seni merupakan karya yang memiliki nilai estetis
- seni merupakan karya yang memiliki makna simbolis.

Pengertian Seni Rupa
Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Seni rupa sendiri kerap dimaknai sebagai sebuah refleksi batin serta pengalaman estetis yang disampaikan dalam mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
  • Titik dan bintik : Titik merupakan unsur rupa yang paling sederhana. Setiap menyentuhkan pensil pertama kali pada kertas akan menghasilkan titik. Unsur titik akan tampak berarti pada karya seni rupa apabila jumlahnya cukup banyak atau ukurannya diperbesar hingga menjadi bintik.
  • Garis : Garis merupakan unsur rupa yang terbuat dari rangkaian titik yang terjalin memanjang menjadi satu. Ada empat macam garis yaitu garis lurus, garis lengkung, garis patah-patah, dan garis spiral atau pilin.
  • Bidang : Bidang merupakan unsur rupa yang terjadi karena pertemuan dari beberapa garis. Bidang dibedakan menjadi tiga yaitu bidang horizantal, vertikal, dan melintang.
  • Bentuk : Bentuk dalam pengertian tiga dimensi adalah unsur seni rupa yang terbentuk karena ruang atau volume. Sedang dalam pengertian dua dimensi bentuk akan berupa gambar yang tak bervolume.
  • Warna : Menurut ilmu kimia warna merupakan unsur rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Sedang warna ditinjau secara ilmu fisika terbentuk dari pembiasan cahaya pada prisma yang menimbulkan spektrum pelangi.
  • Tekstur : Tekstur merupakan nilai atau sifat atau karakter permukaan suatu benda (halus atau kasar).
  • Gelap Terang : Gelap terang merupakan keadaan suatu bidang yang dibedakan dengan warna tua untuk gelap dan warna muda untuk terang yang disebabkan oleh perbedaan intensitas warna atau karena pengaruh cahaya.
  • Ruang dan Cahaya : Ruang adalah tempat dimana bentuk-bentuk diletakkan. Jenis ruang tergantung dari cara seseoang mengamati atau melihatnya, apakah dalam kaitannya dengan bentuk dua dimensi atai tiga dimensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar