Sabtu, 04 Agustus 2012

Peranan Guru dalam Proses Pendidikan Seni Rupa di Sekolah.

Seorang guru memiliki peranan yang pnting dalam proses pembelajaran seni rupa. Guru dituntut untuk bertanggung jawab membimbing siswa dan memberikan motivasi kepada siswa ketika proses pembelajaran berlangsung.
Peran guru seni,  tidak hanya mengajarkan kepada siswa bagaimana cara menggambar, atau memberikan contoh gambar untuk ditiru siswa, tetapi guru seni juga menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi siswa dan memahami karakteristik siswa sebagai anak didik di kelasnya. Selain itu guru seni juga memiliki tanggung jawab untuk (1) merancang, (2) memotivasi, (3) membimbing, (4) mengevaluasi, (5) menyelenggarakan pameran. Dalam melaksanakan kegiatan kelas guru harus menjadi pengelola, perencana, penyuluh dan perancang program yang baik dan tuntas. Guru yang simpatik, imajinatif, kreatif dan luas pengetahuannya. Adalah prasarat mutlak bagi guru sekolah dasar
Peranan ini dapat dimainkan guru , baik pada awal atau di tengah proses pembelajraan yang sedang berlangsung. Tentu saja untuk dapat seperti ini guru perlu mengasah kepekaan rasa seninya secara memadai melalui kegiatan belajar (belajar diartikan: mengamati, menghayati, mengkaji atau berkarya) yang terus menerus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar