Senin, 06 Agustus 2012

Perbedaan karya Seni Rupa Anak-anak dan Orang Dewasa.


Anak-anak memiliki karakteristik yaitu suka bermain. Dengan bermain anak bisa mengembangkan daya fantasinya dan dapat mencurahkan perasaan isi hatinya, serta melatih ketrampilannya, sehingga anak lebih percaya diri. Untuk memberikan makna positif, maka permainan di sini harus memiliki nilai pendidikan. Karena itu, orang tua ataupun guru harus berperan dalam kegiatan ini sebagai pamong, mampu memotivasi (membombong=membesarkan hati, bukan perintah dan larangan yang mematahkan semangat untuk berbuat), membimbing (menunjukkan arah dalam kebebasan dengan contoh perilaku dan pemberian kesempatan berbuat yang tidak salah tempat dan tidak salah jalan).
Letak perbedaan antara seni rupa ciptaan orang dewasa/seniman dan ciptaan anak adalah pada penerapan kaidah dan visi seninya.  

Seni Rupa Bagi Orang Dewasa

Seni rupa karya orang dewasa diukur dan dinilai dari beberapa aspek, seperti gaya/corak dan alirannya, teknik dan penggunaan alat serta bahannya, pengorganisasian unsur-unsurnya, pesan yang dibawakannya, kebaharuan atau kemutakhirannya, kemurnian ciptaannya, dan sebagainya. Karya orang dewasa dipandang dari aspek nilai seni produknya, karena wujud karya itulah sebagai target akhir ciptaannya.  

Seni Rupa Bagi Anak-anak

Seni rupa bagi anak adalah sebagai media kegiatan untuk mengembangkan potensi jiwa dalam pengembangan diri. Pengalaman berseni rupa bagi anak merupakan bagian dari kehidupannya. Melalui pengalaman berseni rupa, anak mengenal olah pikir, olah rasa, dan olah krida sebagai perluasan lahan bermain yang harmonis. Dengan mengamati, meniru, mengangan-angan, mencoba, dan mencipta suatu perwujudan melalui pengorganisasian unsur-unsur visual, berarti anak telah berseni rupa. Untuk mewujudkan karyanya dapat melalui penggunaan berbagai alat dan bahan (media) dengan berbagai ragam caranya. Memandang keberhasilan seni rupa anak bukan semata-mata hanya dari segi produk ciptaannya saja, bahkan yang lebih penting adalah dari segi proses penciptaannya. Produk ciptaan bukanlah target akhir bagi anak. Melakukan kegiatan berseni rupa merupakan lintasan yang sangat penting bagi anak untuk pertumbuhan jiwa raganya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar